Beranda | Artikel
Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga
Kamis, 8 April 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Abdullah Taslim

Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Keutamaan dan Kemuliaan Ilmu. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Kamis, 18 Sya’ban 1442 H / 01 April 2021 M.

Ceramah Agama Islam Tentang Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga

Pada kajian ini dibahas segi keutamaan dan kemuliaan ilmu yang ke-78, yaitu: مجالس العلم رياض الجنة (majelis ilmu adalah taman-taman surga).

Ini jelas keutamaan dan kemuliaan yang sangat besar. Karena ilmu merupakan jalan yang mengantarkan kita dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala menuju surga, maka gambaran tentang surga akan dirasakan oleh seorang penuntut ilmu ketika dia berada di majelis ilmu di dunia yang merupakan taman-taman surga.

Hal ini ditunjukkan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Sahabat yang mulia Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhuma, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, beliau bersabda:

إِذَا مَرَرْتُمْ بِرِيَاضِ الْجَنَّةِ فَارْتَعُوا

“Jika kalian melewati taman-taman surga, maka nikmatilah/bersenang-senanglah padanya.”

Para sahabat Radhiyallahu Ta’ala ‘Anhum bertanya: “Ya Rasulullah, apakah itu taman-taman surga?”

Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

حَلَقُ الذِّكْرِ، فَإِنَّ لِلَّهِ تَعَالىَ سَيَّارَاتٌ مِنَ الْمَلاَئِكَةِ يَطْلُبُوْنَ حَلَقَ الذِّكْرِ ، فَإِذَا أَتَوْا عَلَيْهِمْ حَفُّوْا بِهِمْ.

“Majelis-majelis yang disebut nama Allah, sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta’ala mempunyai para malaikat yang mereka selalu mencari majelis-majelis pengajian di dunia, kalau mereka telah menemukannya, maka para malaikat itu akan melingkupi orang-orang yang hadir di majelis tersebut dengan sayap-sayap mereka.” (Hadits hasan dijelaskan oleh Syaikh Albani dalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah)

Ini jelas merupakan keutamaan majelis ilmu yang sangat agung, karena digambarkan sebagai taman-taman surga, berarti ini adalah jalan untuk menuju surga, merupakan gambaran tentang keadaan di surga yang bisa kita rasakan di dunia.

Sekaligus juga ini menunjukkan bahwa menuntut ilmu adalah jalan untuk meraih kenikmatan tertinggi di dunia. Yaitu merasakan nikmatnya ibadah. Karena dalam majelis ilmu kita belajar agama dan kita belajar hal-hal yang memperbaiki iman. Kita ketahui bahwa iman yang sempurna akan kita rasakan kelezatannya sebagaimana yang disebutkan banyak hadits yang shahih dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian Tentang Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50060-majelis-ilmu-adalah-taman-taman-surga/